TEMA 2 SUBTEMA 1 PERTEMUAN 2
3. Tujuan Pembelajaran
- Dengan berkelompok, Siswa dapat menyetakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
- Dengan memperhatikan contoh penyelesaian masalah, Siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat.
B. APERSEPSI
Anak-anak, ibu memiliki 2 kantong
permen, setiap permen berisi 3 permen. Ayo hitung bersama berapa permen yang
ibu miliki?
Perkalian
merupakan sebuah topik yang begitu penting dalam pembelajaran matematika karena kita sering
menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran
perkalian dipilah menjadi dua hal, yaitu perkalian dasar dan perkalian
lanjut.perkalian dasar adalah perkalian dua bilangan yang masing-masing
merupakan satu angka.
Sedangkan
perkalian lanjut adalah perkalian selain dua bilangan satu angka, seperti
perkalian bilangan dua angka dengan bilangan satu angka, perkalian bilangan
tiga angka dengan bilangan satu angka, bilangan tiga angka dengan bilangan dua
angka, dan seterusnya.perkalian disimbolkan dengan tanda 'x'
Sederhananya, perkalian berarti
penjumlahan berulang.
(perkalian bilangan satu angka dengan satu angka)
CONTOH (1)
2 X 4 = 8
SAMA ARTINYA 4 + 4 = 8
4 + 4 + 4 =
12 SAMA ARTINYA 3 X 4 = 12
CONTOH (2)
4 X 3 = 3 +
3 + 3 + 3 = 12
6 X 4 = 4 +
4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 24
3 X 5 = 5 +
5 + 5 = 15
CONTOH (3)
2 X 4 = 4 +
4 = 8
2 X 5 = 5 +
5 = 10
(Perkalian dengan angka '2' sama
artinya dengan menjumlahkan bilangan itu sendiri. Perkalian dengan angka '2'
hasilnya selalu bilangan genap.
Contoh (4)
3 x 1 = 1 + 1 + 1 = 3
5 x 1 = 1 + 1 + 1 + 1 + 1 = 5
7 x 1 = 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 =
7
(semua bilangan jika dikalikan satu
maka hasilnya sama dengan bilangan itu sendiri)
CONTOH (5)
2 x 0 = 0 + 0 = 0
6 x 0 = 0 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = 0
(semua bilangan jika dikalikan nol
maka hasilnya adalah nol)
DOA PENUTUP
LAGU DAERAH
LAGU MARILAH PULANG
0 Response to "TEMA 2 SUBTEMA 1 PERTEMUAN 2"
Posting Komentar