TEMA 8 SUBTEMA 3 & 4 PERTEMUAN 3
Tema 8 (Keselamatan di Rumah dan Perjalanan)
Subtema 4 (Menjaga Keselamatan di Perjalanan)
A. PENDAHULUAN
1. Berdo'a
2. Lagu Nasional
3. Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Dengan membaca teks yang belum benar, siswa dapat menyunting teks pendek sesuai dengan kebenaran aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat memperbaiki teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital (awal kalimat) secara tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat memperbaiki teks pendek hasil menyunting sesuai dengan aturan penggunaan huruf kapital (nama orang dan nama tempat) secara tepat.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan bahasa yang santun.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkahlangkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara tepat.
- Dengan penugasan, siswa dapat membuat karya hiasan dengan bahan buatan secara kreatif.
B. APERSEPSI
Apa isi gambar yang kamu amati di atas ?Menurutmu, mengapa kita perlu melakukan itu?
C. MATERI
Kisah Kera dan Ayam
Suatu hari, Kera dan Ayam berencana untuk berjalanjalan ke hutan. Mereka berdua mendapat informasi kalau di hutan itu terdapat banyak pohon buah-buahan yang lezat. Mereka berdua memulai perjalanan sejak pagi, tapi tidak sebatang pohon buah pun yang mereka temui. Yang ada hanyalah pohon-pohon yang tinggi dan berdaun lebat. "Mungkin kita harus berjalan Iebih jauh lagi," kata Kera. Ayam hanya mengangguk setuju. Semakin lama, suasana hutan semakin gelap. Sinar matahari tidak mampu menembus rimbunnya pepohonan.
Ayam mulai ketakutan, "Kera, kita tersesat? Bagaimana kalau kita pulang saja?”, katanya. Kera juga kebingungan, “Mana jalan keluarnya? Mungkin ke arah sana”, sahut si Kera. Mereka sibuk mencari jalan keluar, tapi semakin lama mereka berjalan semakin jauh mereka masuk ke dalam hutan. Kera meminta maaf kepada Ayam. Kera merasa bersalah karena telah mengajak Ayam berjalanjalan ke hutan. Padahal ia tidak tahu jalan keluar dari hutan. Ayam pun memaafkan Kera. Akhirnya, Ayam dan Kera bertemu dengan kepiting. Kepitinglah yang menunjukkan mereka jalan keluar dari hutan. Ayam dan Kera pun selamat sampai ke rumah masing-masing.
Bacalah kembali teks dongeng “Kisah Kera dan Ayam” dengan teliti!
Masih ingatkah kamu dengan aturan penggunaan huruf kapital? Perhatikan kalimat-kalimat berikut dengan teliti!
Huruf kapital digunakan pada setiap kata awal kalimat.
Huruf kapital juga digunakan pada huruf pertama petikan langsung.
1. "Mungkin kita harus
berjalan Iebih jauh lagi," kata Kera.
2. "Kera, kita tersesat?
Bagaimana kalau kita pulang saja?”, katanya.
3. Kera juga kebingungan, “Mana
jalan keluarnya? Mungkin ke arah sana”, sahut si Kera.
Perlu diingat:
Kalimat tanya selalu dibubuhkan tanda tanya (?) di akhir kalimat. Kita dapat
menggunakan kata tanya apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan bagaimana
ketika bertanya
Perhatikan Contoh kalimat Tanya berikut ini!
1. Apa yang sedang kamu kerjakan?
2. Siapa namamu?
3. Mengapa kamu menangis?
4. Kapan ibu akan pergi ke pasar?
5. Dimana kamu tinggal?
6. Bagaimana cara kamu membuat pot bunga ini?
Perhatikan gambar berikut !
Udin dan teman-teman sedang kerja bakti. Udin dan teman-teman berbeda agama. Mereka juga berbeda suku bangsa. Tidak hanya itu, jenis kelamin mereka pun berbeda. Walaupun berbeda, mereka hidup rukun dan akrab. Mereka menunjukkan sikap persatuan dalam keragaman. Menurutmu, sikap apa yang dimiliki Udin dan teman-teman hingga tercipta persatuan?
Perhatikan gambar berikut ini!
Bagaimana menurut pendapatmu perbedaan gambar tersebut?
Diskusikan dengan temanmu manfaat hidup bersatu dalam keragaman berdasarkan gambar!
Ayo kita membuat hiasan dari gambar ayam !
Perhatikan gambar berikut !
Untuk dapat membuat hiasan tersebut, kalian dapat memperhatikan video berikut ini:
Selain membuat hiasan yang terbuat dari kertas, kalian juga dapat membuat hiasan dengan menggunakan teknik percik.
Kalian dapat membuatnya seperti pada video berikut:
Selamat mencoba di rumah!
Tetap semangat belajar yaa...
0 Response to "TEMA 8 SUBTEMA 3 & 4 PERTEMUAN 3"
Posting Komentar