TEMA 1 SUBTEMA 4 PERTEMUAN 1
TEMA 1 SUBTEMA 4 HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT
3. Tujuan Pembelajaran
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama Pancasila di masyarakat dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kedua Pancasila di masyarakat.
B. MATERI
Materi Pokok
Pancasila merupakan dasar Negara Indonesia. Apakah kalian sudah hafal bunyi Pancasila dan lambangnya?
Perilaku apa saja yang sudah kamu lakukan yang sesuai dengan sila Pancasila?
Perhatikan teks berikut ini!
Berdasarkan teks di atas sikap yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila yaitu :
- Mohon maaf, kami nanti terlambat mengikuti kerja bakti. Kami akan pergi ke gereja terlebih dahulu.
- Hari sudah siang, saya pamit pulang untuk beribadah.
Sedangkan yang sesuai dengan sila kedua yaitu:
- Mempersilakan warga yang terlambat mengikuti kegiatan gotong royong karena harus menjalankan ibadah.
- Beristirahat dari kegiatan gotong royong untuk memberi kesempatan warga menjalankan ibadah.
untuk lebih jelasnya perhatperhatikan video berikut ini!
Sekarang coba perhatikan teks percakapan berikut ini!
Bacalah percakapan di bawah ini dengan percaya diri!
Udin : “Coba, lihat! Got menjadi bau dan kotor karena banyak sampah.”
Edo : “Wah, iya, airnya juga tergenang.”
Udin : “Bagaimana jika hari Minggu kita bergotong royong membersihkan got?”
Badu : “Membersihkan got? Aku tidak mau, ah. Got kan kotor dan bau.
Edo : “Aku kurang setuju, Din. Membersihkan got pekerjaan yang berat. Kita sebagai anak-anak belum bisa melakukannya.”
Badu : “Betul, Din. Sudah biarkan saja.”
Udin : “Tapi, got yang tersumbat dapat menyebabkan banjir. Sampah akan menyumbat aliran air sehingga akan meluap ke jalan.”
Edo : “Bagaimana jika kita mengusulkan kepada Pak RT untuk mengajak seluruh warga bergotong royong? Kita bisa ikut membantu pekerjaan ringan, misalnya membuang sampah yang dikumpulkan”
Udin : “Aku setuju, Do.”
Badu : “Aku juga setuju jika demikian. Aku juga bersalah karena membuang sampah ke dalam
got.”
Bagaimana tanggapanmu mengenai percakapan di atas?
Berdasarkan percakapan diatas manakah yang termasuk kalimat penolakan?
Ya! benar sekali!
yang merupakan kalimat penolakan yaitu:
1. Aku tidak mau, ah.
2. Aku kurang setuju, Din.
Perhatikan penjelasan berikut ini!
Kalimat penolakan biasa ditandai dengan kata “tidak”.
Selain kata tidak, dapat ditambahkan kata maaf, terima kasih, lain kali ya, dan lain-lain.
Contoh kalimat penolakan lainnya:
0 Response to "TEMA 1 SUBTEMA 4 PERTEMUAN 1"
Posting Komentar